Apa Itu Aplikasi SIMONA Kemkes? Berikut Fungsi dan Cara Penggunaannya!

Edited by apt. Hilli Kamilia S.Farm
3 Mei 2023

Baca artikel selengkapnya di bawah formulir Konsultasi Gratis

Konsultasi Gratis Farmacare


Melalui surat edaran tentang Pelaporan Pelayanan Kefarmasian di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tahun 2023 yang diterbitkan tanggal 15 Februari 2023, meminta fasilitas pelayanan kefarmasian di rumah sakit, apotek, puskesmas, klinik, dan toko obat harus melaporkan implementasi pelayanan kefarmasiannya melalui aplikasi SIMONA Kemkes.


Surat edaran tersebut mengacu pada Permenkes Nomor 72/2016, 73/2016, 74/2016, dan 34/2021, serta Permenkes Nomor 14/2021. Lalu, apa fungsi dan bagaimana penggunaan aplikasi SIMONA? Yuk, simak pembahasan
Farmacare berikut! 


Apa itu aplikasi SIMONA Kemkes?

Aplikasi SIMONA Kemkes adalah aplikasi berbasis web yang berfungsi sebagai sistem pembinaan serta monitoring bagi fasilitas pelayanan kefarmasian termasuk apotek, dalam menjalankan fungsi tugasnya. Setiap apotek punya kewajiban membuat laporan pelayanan kefarmasian melalui aplikasi SIMONA.


Pelaporan mulai berlaku untuk pelaporan bulan Januari 2023. Laporan bulanan harus dikirim paling lambat setiap tanggal 5 pada bulan berikutnya. Kecuali, untuk bulan Desember dilaporkan paling lambat tanggal 30 Desember 2023.     


Baca juga:
Wajib Tahu! Regulasi 2D Barcode BPOM, Buat Rantai Pasok Obat Makin Aman


Fungsi aplikasi SIMONA apotek

Fungsi adanya pelaporan melalui aplikasi SIMONA adalah untuk memastikan adanya optimalisasi pembinaan dan pengawasan dari pelayanan kefarmasian di Indonesia. 


Ketentuan pelaporan apotek

Pelaporan pelayanan kefarmasian yang dimaksud meliputi pelaporan bulanan dan tahunan. Pelaporan bulanan dan tahunan dikirim melalui aplikasi SIMONA pada laman https://simona.kemkes.go.id/simona_Login/. Jika apotek kamu belum mendaftar di aplikasi SIMONA, wajib melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan akun.


Laporan bulanan yang diinput ke aplikasi SIMONA meliputi jumlah pengkajian dan pelayanan resep per bulan, jumlah pelayanan informasi obat dan jumlah konseling per bulan. Selain itu, terdapat kuesioner seputar pelayanan telefarmasi di apotek, dan catatan masalah yang dihadapi apotek.


Sedangkan pelaporan tahunan berbasis
self-assessment yang harus diisi dan dilengkapi. Kamu diminta melengkapi data dasar apotek yang meliputi nama apoteker pemegang SIA, nomor Whatsapp aktif, nomor STRA, nomor SIPA, lokasi apotek, dan asesmen lainnya yang juga harus kamu isi.


Cara pelaporan di aplikasi SIMONA apotek

Seperti yang telah disinggung di atas, kamu wajib melakukan registrasi untuk bisa memperoleh akun di aplikasi SIMONA apotek. Berikut ini tahapannya:


Registrasi

  1. Buka browser dan akses situs web SIMONA yaitu https://simona.kemkes.go.id/simona_Login/
  2. Klik tombol “Daftar”

3.  Isi form untuk mendaftar:

  • Pilih Fasyankes “Apotek”
  • Input kode SIPNAP untuk apotek, bisa kamu lihat pada aplikasi SIPNAP (https://sipnap.kemkes.go.id) setelah kamu melakukan Login.
  • Input Email, Password, dan Password Konfirmasi, lalu klik “Daftar”.

Langkah membuat pelaporan (assessment) tahunan 

  1. Login pada aplikasi SIMONA apotek
  2. Klik menu Asesmen → Form Asesment Mandiri → Submit → Buat Asesmen Mandiri

   3.  Klik “Tambah Data Baru”

   4. Akan muncul formulir untuk kamu isi dan klik “Berikutnya” untuk menuju ke halaman selanjutnya. Ada banyak data yang harus kamu lengkapi, mulai dari data dasar apotek, data apoteker dan TTK, lokasi apotek, sarana dan prasarana, sampai evaluasi mutu pelayanan kefarmasian.

   5. Jika semua data sudah selesai diisi, klik “Kirim (Final)” dan klik “Oke” pada pop up yang muncul agar data dapat dilakukan verifikasi oleh Dinkes.

Langkah membuat pelaporan bulanan

  1. Klik menu Laporan → Laporan Bulanan → Belum Terverifikasi → Buat Laporan

   2. Isi tahun dan bulan yang akan kamu buatkan laporannya. Selesaikan semua pengisian data yang diminta.

   3. Setelah selesai, klik “Kirim Laporan”.

   4. Laporan bulanan ini bisa kamu cetak sebagai salah satu syarat dokumen untuk perpanjangan izin apotek


Itu tadi pembahasan seputar aplikasi SIMONA untuk memudahkan kamu menggunakannya dan membuat pelaporan. Jika kamu ingin mendapat kemudahan tambahan dalam mengelola bisnis apotek, aplikasi apotek seperti Farmacare bisa menjadi solusi. 


Mulai dari manajemen stok obat, pengadaan obat,
stock opname, pengelolaan keluar-masuk barang, sampai laporan keuangan difasilitasi oleh Farmacare. Coba buktikan sendiri dengan mendaftar Free Trial sekarang juga! Tunggu apa lagi?


Referensi:

Humas IAI. 5 Maret 2023. Kemenkes Ingatkan Fasyanfar Lakukan Pelaporan Pelayanan Kefarmasian Melalui SIMONA. Berita.iai.id: https://bit.ly/3KJVq5d

Peraturan dan Edukasi SIMONA Kementerian Kesehatan: https://simona.kemkes.go.id/informasi/ 


Sumber gambar: 

User Manual Self-Assessment & Laporan Bulanan Sarana Apotek melalui SIMONA. Simona.kemkes.go.id: https://bit.ly/3L6PwNh 

oleh Farmacare CX 15 Oktober 2025
Sejak awal, Farmacare mengemban misi untuk membantu pengelola & pegawai apotek komunitas agar bisnis apotek menjadi sehat dan terus bertumbuh. Salah satu caranya adalah mengadopsi berbagai teknologi terkini ke dalam aplikasi. Mulai dari teknologi cloud, PWA (Progressive Web Apps), websocket, payment gateway, hingga yang terbaru adalah QRIS. Seiring AI menjadi topik hangat dalam tiga tahun terakhir, Farmacare terus memantau momentum yang tepat untuk mengadopsi teknologi ini. Kami meyakini bahwa AI akan memegang peran krusial dalam membantu pengelola apotek. Namun, kami juga berkomitmen untuk tidak mengadopsi AI secara gegabah. AI yang tidak disiapkan dan dilatih dengan cermat justru berpotensi menimbulkan kesalahan (sering disebut 'halusinasi') atau menghasilkan interaksi yang terasa kaku dan kurang solutif. Oleh karena itu, tim Farmacare memutuskan untuk menggali ilmu langsung dari para pakar di Google, melalui partisipasi kami dalam program Google for Startups Accelerator Southeast Asia (AI Focused). Dari lebih dari 200 tim pendaftar, Farmacare dengan bangga terpilih sebagai salah satu peserta program bergengsi ini. Acara Bootcamp Intensif Bersama 19 tim terpilih lainnya, kami telah menuntaskan bootcamp intensif selama lima hari di kantor Google Indonesia di Jakarta. Selama bootcamp, kami mengeksplorasi berbagai potensi adopsi teknologi AI. Salah satu hasilnya, yaitu fitur AI untuk pembacaan faktur otomatis, telah kami implementasikan dan siap dirilis minggu depan! Mengenai proyek AI kami berikutnya, kami belum bisa berbagi detail lebih lanjut. Namun, satu hal yang pasti: kami berkomitmen penuh untuk menghadirkan fitur-fitur AI yang akan sangat menyederhanakan operasional kamu sebagai pengelola apotek. Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Google Indonesia serta KomDigi atas penyelenggaraan acara Accelerator AI ini, serta kepada tim engineer dan mentor yang telah berbagi ilmu. Tak lupa, kami juga berterima kasih kepada seluruh pengelola apotek pengguna Farmacare atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada kami untuk terus berkarya dan berinovasi. Semoga bersama, kita dapat menyaksikan apotek dan sektor farmasi Indonesia terus berkembang, memberikan layanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.
Permodalan Obat di Apotek
4 Desember 2023
Pengadaan obat di apotek membutuhkan modal yang tidak sedikit. Farmacare punya solusi untuk tantangan tersebut. Temukan di sini!
Pengadaan Obat di Apotek
oleh ditulis oleh Gina Dwi 30 November 2023
Tingkat efektivitas pengadaan obat di apotek bisa diukur menggunakan beberapa tolak ukur yang bisa kamu temukan di sini! Simak, yuk!
Mitos atau Fakta Penggunaan Obat
oleh Farmacare CX 27 November 2023
Selamat Hari Kesehatan Nasional. Yuk, maksimalkan edukasi ke masyarakat dengan meluruskan mitos atau fakta penggunaan obat berikut!
Pengadaan Barang di Apotek
oleh ditulis oleh Gina Dwi 23 November 2023
Bagaimana kamu tahu kalau pengadaan barang di apotek sukses? Berikut tolak ukur yang bisa diperhatikan. Simak, yuk!
Pengadaan Barang di Apotek
oleh ditulis oleh Gina Dwi 20 November 2023
Bagaimana kamu tahu kalau pengadaan barang di apotek sukses? Berikut tolak ukur yang bisa diperhatikan. Simak, yuk!
Bisnis Apotek
oleh ditulis oleh Gina Dwi 16 November 2023
Overstock, understock, dan deadstock sebaiknya bisa diminimalisir agar bisnis apotek tetap sehat. Yuk, cari tau tentang jenis status stok tersebut di sini!
Golongan Obat
13 November 2023
Penanganan golongan obat keras harus diperhatikan agar kualitasnya terjamin dan tak berpotensi disalahgunakan. Yuk, simak tips-nya di sini!
Obat Kedaluwarsa di Apotek
31 Oktober 2023
Obat kedaluwarsa di apotek wajib dihindari karena sangat berbahaya bila sampai ke tangan konsumen. Apa bahayanya dan gimana tips pencegahannya? Simak di sini!
Postingan Lainnya