Syarat & Ketentuan Farmacare

1. Pendahuluan


Selamat datang di aplikasi Farmacare (“Aplikasi”). Silakan membaca Syarat dan Ketentuan penggunaan layanan Farmacare Pengguna (“Syarat dan Ketentuan” atau “Syarat Layanan”) berikut dengan cermat sebelum menggunakan Aplikasi ini atau membuka akun Farmacare (“Akun”) agar Anda mengetahui tentang hak dan kewajiban hukum Anda. Dengan mengunduh, mendaftar dan menggunakan Layanan Farmacare, maka Pengguna Aplikasi (“Pengguna” atau “Anda”) dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT. Jendela Akses Sehat (secara bersama-sama disebut, "Farmacare" atau "Kami"). 


"Layanan" yang kami berikan atau sediakan termasuk (a) Aplikasi, (b) layanan sistem untuk pengelolaan operasional dan pelayanan perdagangan barang (“Outlet”), baik berupa toko ritel, distributor, dan lain sebagainya yang dijual dalam skala besar atau eceran yang disediakan melalui Aplikasi, Login Farmacare, dan / atau layanan Farmacare lainnya yang dinyatakan oleh Farmacare dari waktu ke waktu, baik melalui situs atau Aplikasi, dan (c) semua informasi, halaman tertaut, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, pesan, tag, konten, pemrograman, perangkat lunak, layanan aplikasi (termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap layanan aplikasi mobile) atau materi lainnya yang tersedia melalui Aplikasi atau layanan terkait. Setiap fitur baru yang ditambahkan atau memperbesar Layanan juga tunduk pada Syarat Layanan ini. Syarat Layanan ini mengatur penggunaan Layanan yang disediakan oleh Farmacare.


Sebelum menjadi Pengguna dari Aplikasi, Anda harus membaca dan menerima semua Syarat dan Ketentuan dalam, dan yang berkaitan dengan, Syarat Layanan Farmacare ini dan Anda harus memberikan persetujuan atas pemrosesan data pribadi dan informasi bisnis Anda sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi yang terkait dengan Syarat dan Ketentuan ini.


Farmacare berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan semua atau bagian apapun dari Aplikasi ini atau Layanan setiap saat atau setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku. Kami menyarankan agar Anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Layanan Farmacare, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan.


Farmacare dapat meluncurkan Layanan tertentu atau fitur tertentu dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama seperti versi akhir, dan kami tidak bertanggung jawab dalam hal demikian. Farmacare juga dapat membatasi fitur tertentu atau membatasi akses Anda ke bagian atau seluruh Aplikasi atau Layanan atas kebijakannya sendiri dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban apapun.


Farmacare berhak untuk menolak memberikan akses ke Aplikasi atau Layanan kepada Anda atau mengizinkan Anda untuk membuka Akun dengan alasan apapun.

Jika Pengguna   tidak   menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan Layanan di Aplikasi Farmacare.


DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN FARMACARE ATAU MEMBUKA AKUN, ANDA MEMBERIKAN PENERIMAAN DAN PERSETUJUAN YANG TIDAK DAPAT DICABUT ATAS PERSYARATAN PERJANJIAN INI, TERMASUK SYARAT DAN KETENTUAN TAMBAHAN SERTA KEBIJAKAN YANG DISEBUTKAN DI SINI DAN/ ATAU TERKAIT DI SINI.


2. Definisi


  1. PT Jendela Akses Sehat adalah suatu perseroan terbatas yang memiliki dan menjalankan kegiatan usaha di bidang jasa platform digital untuk pengelolaan operasional dan pelayanan Toko Ritel atau Distributor.
  2. Aplikasi Farmacare adalah aplikasi dimana Pengguna dapat melakukan pengelolaan operasional dan pelayanan perdagangan barang, baik berupa toko ritel, distributor, dan lain sebagainya yang dijual dalam skala besar atau eceran melalui fitur yang disediakan, termasuk namun tidak terbatas pada, pencatatan transaksi, manajemen inventori, monitoring usaha secara online, laporan digital, dan lain sebagainya.
  3. Syarat dan Ketentuan adalah Perjanjian antara Pengguna dan Farmacare yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan Farmacare, serta tata cara penggunaan sistem Layanan Farmacare.
  4. Akun adalah akun Pengguna yang diperoleh setelah pendaftaran melalui Aplikasi atau situs yang dapat dikaitkan dengan username atau password, untuk mengidentifikasi Pengguna dalam menggunakan Layanan Farmacare.
  5. Pengguna atau Anda adalah pengguna Aplikasi Farmacare, baik pemilik toko ritel/distributor maupun karyawan.
  6. Barang adalah semua barang / produk yang diinput oleh Pengguna di Aplikasi Farmacare yang dapat di akses oleh semua Pengguna di Aplikasi Farmacare.
  7. Situs adalah www.farmacare.id  atau situs lain yang dikembangkan oleh Farmacare dari waktu ke waktu.



3. Fitur


Aplikasi ini memungkinkan Pengguna untuk menggunakan Fitur dan melakukan hal-hal termasuk namun tidak terbatas sebagai berikut (sebagaimana daftar ini akan selalu diperbaharui):

  1. Pencatatan transaksi penjualan dan pembelian;
  2. Penerbitan faktur;
  3. Manajemen inventori / mengoptimalkan ketersediaan stok Produk dengan fitur melihat stok habis dan expired;
  4. Monitor Penggunaan dan pembelian secara online;
  5. Laporan operasional toko/distributor dan kasir digital;
  6. Pemesanan barang ke distributor;
  7. Pembayaran faktur ke distributor;
  8. Penagihan pembayaran faktur ke toko ritel.


UNTUK MENGHINDARI KERAGU-RAGUAN, KAMI ADALAH PERUSAHAAN TEKNOLOGI, BUKAN DISTRIBUTOR ATAU PENYEDIA BARANG ATAU KURIR DAN KAMI TIDAK MENYEDIAKAN LAYANAN TERSEBUT. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap tindakan dan/atau kelalaian Pengguna. Aplikasi ini hanya merupakan sarana untuk memfasilitasi pengelolaan operasional dan memaksimalkan pelayanan Outlet. Keputusan atas setiap penggunaan Aplikasi merupakan keputusan Pengguna dan segala akibat yang ditimbulkan atas keputusan tersebut merupakan tanggung jawab masing-masing Pengguna.


Kami juga berhak sewaktu-waktu mengubah, menghapus, menambah atau memperbarui fitur atau fasilitas dalam Aplikasi. Pemakaian Anda yang berkelanjutan terhadap Aplikasi akan dianggap sebagai persetujuan kepada perubahan, penghapusan, penambahan atau pembaruan fitur atau fasilitas Aplikasi.



4. Ketentuan Umum


  1. Anda berjanji bahwa Anda akan menggunakan Aplikasi hanya untuk tujuan penggunaan sebagaimana disebutkan pada Syarat dan Ketentuan. Anda berjanji tidak akan menyalahgunakan atau menggunakan Aplikasi untuk tujuan penipuan, manipulasi atau tindakan kriminal atau tindakan-tindakan lain yang menyebabkan ketidaknyamanan atau kerugian terhadap orang lain. Farmacare memiliki hak penuh untuk membatalkan transaksi atau menon-aktifkan akun milik Pengguna, apabila diketahui terdapat indikasi penyalahgunaan dan/atau penipuan atas penggunaan Akun pada Aplikasi.
  2. Anda memahami dan setuju bahwa penggunaan Aplikasi oleh Anda akan tunduk pula pada Kebijakan Privasi kami sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan Aplikasi, Anda juga memberikan persetujuan sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan Kebijakan Privasi kami.
  3. Dengan memberikan informasi kepada Kami, Anda menyatakan bahwa Anda memberikan hak kepada Kami atas penggunaan informasi tersebut sehubungan dengan penggunaan dan pengembangan Layanan pada Aplikasi ini.
  4. Anda menyetujui untuk tidak melakukan hal-hal di bawah ini:
  5. Menggunakan layanan untuk menyamar sebagai orang atau entitas lain, atau memalsukan afiliasi Anda dengan seseorang atau suatu entitas;
  6. Menggunakan Layanan untuk tujuan menipu;
  7. Melakukan tindakan yang dapat merusak sistem tanggapan atau perangkat;
  8. Menggunakan Layanan untuk sengaja atau tidak sengaja melanggar hukum, aturan, kode arahan, pedoman, kebijakan atau peraturan yang berlaku;
  9. Melakukan setiap dan segala tindakan sehubungan dengan Layanan pada Aplikasi Farmacare yang dapat dianggap sebagai tindakan yang melanggar hukum dan ketentuan perundangan yang berlaku di Indonesia.
  10. Dengan menjadi Pengguna Aplikasi, Farmacare memiliki kewenangan dan hak penuh untuk menggunakan dan melakukan analisa atas data pribadi yang dilakukan melalui Aplikasi. Pengguna juga menyetujui bahwa Farmacare memiliki kewenangan penuh untuk menggunakan data pribadi dan informasi Pengguna untuk diberikan kepada pihak ketiga yang bekerja sama atau ditunjuk oleh Farmacare. Hal ini diatur lebih lanjut dalam dokumen Kebijakan Privasi Farmacare.


5. Pendaftaran Akun


  1. Anda dapat menggunakan fitur pada Aplikasi Farmacare secara lengkap jika Anda telah mendaftarkan diri. Setelah Anda berhasil mendaftarkan diri, maka Kami akan memberikan Anda akun pribadi yang dapat diakses dengan kata sandi yang Anda pilih. Pengguna yang belum mendaftar pada Aplikasi, tidak dapat menggunakan dan mengakses fitur yang disediakan oleh Kami.
  2. Kami berhak meminta, mengumpulkan dan memproses informasi pribadi Anda, seperti nama lengkap, alamat surat elektronik (surel/email), dan nomor telepon seluler Anda ketika Anda mendaftar. Anda harus memberikan informasi yang akurat dan lengkap, memperbaharui informasi dan setuju untuk memberikan kepada kami bukti identitas apapun yang secara wajar dapat Kami mintakan. Jika informasi pribadi yang diberikan kepada Kami ada yang berubah, misalnya, jika Anda mengubah alamat surel, nomor telepon, atau jika Anda ingin membatalkan akun Anda, mohon perbaharui rincian informasi Anda dengan mengirimkan permintaan Anda kepada Kami. Kami akan, sedapatnya, memberlakukan perubahan yang diminta tersebut dalam waktu 7 (tujuh) hari kerja sejak diterimanya pemberitahuan perubahan.
  3. Verifikasi Pengguna dilakukan via telepon atau WhatsApp setelah Pengguna mengunduh dan mendaftar di Aplikasi Farmacare dengan mengisi Nama Toko/Distributor, Lokasi Distributor, Nama Pemilik, Nomor Handphone dan Password.
  4. Dengan melakukan pendaftaran, maka Anda menyatakan telah: (a) Menyetujui penggunaan dan pengelolaan data pribadi Anda oleh Kami, termasuk namun tidak terbatas pada pengungkapan kepada lembaga pemerintah dan instansi sepanjang diperlukan dan dilandasi oleh hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan apabila menurut keyakinan Kami bahwa penggunaan Anda melanggar hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku; (b) Melindungi hak-hak Kami sehubungan dengan hak kekayaan intelektual dan hak-hak lainnya yang melekat pada Kami sehubungan dengan Paket Berlangganan; (e) Mematuhi seluruh ketentuan hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia; dan (f) Sebelum melakukan pendaftaran, Anda sudah memastikan bahwa perangkat atau device (mobile phone, tab, dan sejenisnya) yang Anda gunakan kompatibel/ mendukung penggunaan Aplikasi dan Layanan.
  5. Kami memiliki seluruh hak untuk memblokir sementara, ataupun secara permanen, menghapus, menonaktifkan Akun Anda maupun menangguhkan dan/ atau menghentikan akses Anda terhadap Layanan atas kebijakan Kami sendiri dan untuk sebab apapun tanpa sebelumnya memberikan alasan atas pemblokiran, penghapusan atau penonaktifan Akun Anda tersebut. Alasan dari pemblokiran, penghapusan, atau penonaktifan Akun Anda, termasuk namun tidak terbatas kepada:
  6. Pelanggaran atau tidak patuh terhadap Ketentuan Umum, Kebijakan Privasi, Ketentuan Khusus ini maupun ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Penipuan atau pencurian (atau indikasi atau sangkaan penipuan atau pencurian);
  8. Kecurigaan adanya tindak kriminal atau pelanggaran (fraud);
  9. Melakukan penyalahgunaan izin distribusi atau pengeceran produk atau memperdagangkan jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM);
  10. Tindakan pelanggaran terhadap Hak Kekayaan Intelektual yang menjadi hak Kami sebagaimana dimaksud dalam Butir 8 Syarat dan Ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada mencoba untuk mengubah, menyalin, meniru, membongkar, atau melakukan reverse engineering untuk program komputer atau Aplikasi dan Data milik Farmacare;
  11. Anda dan/ atau pihak lain, yang berdasarkan pertimbangan Kami mengakibatkan kerugian dengan melakukan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga tanpa seizin Farmacare dan/ atau menimbulkan kerusakan terhadap Kami, afiliasi Kami maupun pihak ketiga yang terikat perjanjian dengan Kami;
  12. Berdasarkan pertimbangan Kami, Aplikasi dan/atau Layanan disalahgunakan untuk melakukan pelanggaran terhadap ketentuan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia yang dilakukan oleh Anda dan/atau pihak ketiga;
  13. Anda memberikan informasi yang tidak akurat, salah atau menyesatkan;
  14. Melakukan perbuatan yang tidak pantas, ancaman, atau hinaan terhadap Farmacare maupun pihak lainnya yang dapat mempengaruhi reputasi dan nama baik Farmacare;
  15. Menolak memberikan informasi yang Kami perlukan untuk keperluan pendaftaran Akun Anda;
  16. Adanya gangguan teknis yang mempengaruhi sistem dan tata kelola internal Farmacare;
  17. Anda termasuk ke dalam “daftar hitam” atau “daftar pengamatan” oleh pemerintah atau organisasi internasional;
  18. Adanya ketentuan yang mewajibkan hal tersebut berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.


Peringatan tertulis mungkin akan Kami berikan sehubungan dengan pelanggaran dan ketidakpatuhan Anda terhadap ketentuan di atas, melalui surel atau media lainnya yang Kami tentukan dari waktu ke waktu.


Dengan pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna, FarmaCare berhak menghapus atau melakukan archive pada data-data di Akun Pengguna, jika data storage telah melebihi kapasitas maksimum.



6. Kerahasiaan Akun


  1. Pengguna bertanggungjawab atas keamanan dan kerahasiaan dari Login ID, Password, E-mail dan informasi lainnya sehubungan dengan akun Pengguna yang terdapat didalam “Informasi Registrasi”.
  2. Mohon menginformasikan kepada Kami jika Anda tidak lagi memiliki kontrol atas akun Anda atau karyawan Anda, sebagai contoh akun Anda dengan cara bagaimanapun diretas (hack) atau telepon Anda atau karyawan Anda dicuri, sehingga kami dapat membatalkan akun Anda atau karyawan Anda dengan sebagaimana mestinya. Mohon diperhatikan bahwa Anda bertanggung jawab atas penggunaan akun Anda dan karyawan Anda dan tetap dapat dimintakan tanggung jawabnya meskipun akun Anda dan karyawan Anda tersebut disalahgunakan oleh orang lain.
  3. Dalam hal terjadi pengungkapan atas kata sandi Pengguna, dengan cara apa pun, yang mengakibatkan setiap penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan atas akun atau identitas Pengguna, maka Farmacare akan memproses segala sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan Aplikasi berdasarkan Informasi Registrasi dan tetap dianggap sah, kecuali Pengguna telah melaporkan kepada Kami mengenai adanya akses ilegal terhadap Akun Pengguna, atau adanya penyalahgunaan terhadap Informasi Registrasi pada saat atau setelah terjadinya penggunaan yang tidak sah atau tanpa kewenangan tersebut kepada Farmacare melalui email: halo@farmacare.id.
  4. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau tuntutan yang timbul sebagai akibat dari kelalaian Pengguna dan atas penyalahgunaan sistem Farmacare untuk kepentingan pribadi Pengguna.



7. Ketentuan Khusus


1. Syarat menjadi Pengguna di Farmacare

Farmacare terbuka bagi semua individu dan / atau perusahaan baik dalam bentuk badan usaha atau badan hukum, Commanditaire Venoontschap (CV), Firma hingga Perseroan Terbatas dan bentuk lainnya untuk menjadi Pengguna sesuai dengan Syarat dan Ketentuan.


2. Hak Pengguna dalam Aplikasi Farmacare

Setelah Akun Pengguna terverifikasi oleh Farmacare, Pengguna dapat melakukan hal-hal berikut, yang akan dikembangkan oleh Kami dari waktu ke waktu:

  1. Membuat Outlet di Aplikasi
  2. Mengundang pegawai untuk ditambahkan menjadi anggota tim pada Akun Outlet 
  3. Mengatur mode pembayaran kasir
  4. Menghubungkan printer struk (Kami akan melakukan pemutakhiran terhadap daftar printer kasir yang didukung, namun Kami tidak dapat menjamin bahwa printer akan selalu berfungsi dengan baik)
  5. Mengupload data barang dan/atau menggunakan master data yang disediakan FarmaCare
  6. Mencatat penjualan dengan harga jual normal
  7. Mencatat penjualan dengan harga khusus mitra
  8. Melihat riwayat penjualan
  9. Retur penjualan
  10. Melihat data omzet
  11. Melihat laporan per metode pembayaran
  12. Mencatat faktur pembelian
  13. Melihat riwayat pembelian
  14. Stok opname
  15. Update stok
  16. Pemesanan barang ke distributor
  17. Pembayaran faktur ke distributor
  18. Penagihan pembayaran faktur


3. Pengguna menjamin bahwa:

  1. Pengguna tidak akan melakukan tindakan hukum, memasarkan dan/atau melakukan transaksi atas barang yang tidak ada atau ilegal, menjual Produk dalam kondisi cacat atau terlibat dalam sengketa, klaim, tuntutan hukum, penangguhan pembayaran utang, penyelidikan dan tindak pidana.
  2. Pengguna bersedia menerima peringatan dan/atau gugatan dari Farmacare, apabila terbukti memasarkan dan menjual Produk atau melakukan tindakan yang dinyatakan melanggar hukum dan peraturan yang berlaku.
  3. Pengguna akan selalu menyediakan, memelihara dan memperbaharui informasi Pengguna dan produk yang akurat dan lengkap yang bisa diandalkan oleh sistem dan pembeli.
  4. Untuk keperluan verifikasi Pengguna dapat menghubungi Farmacare melalui halo@farmacare.id, Kami akan mengakomodasi dan menerima masalah dan keluhan Pengguna.
  5. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan data dan akses Pengguna ke aplikasi yang terdiri dari nomor handphone yang digunakan dan kata sandi. Apabila Pengguna kehilangan akses ke Farmacare, Pengguna dapat menghubungi Farmacare di halo@farmacare.id.


4. Paket Berlangganan Farmacare

  1. Paket Berlangganan Farmacare (“Paket Berlangganan”) merupakan layanan yang disediakan Farmacare, dimana Anda dapat mengakses berbagai fitur yang disediakan di dalam Aplikasi. Paket Berlangganan dapat diakses pada Aplikasi hanya bagi Anda yang telah mendaftar dan melakukan pembelian Paket Berlangganan. Dengan melakukan pembelian Paket Berlangganan, Anda menyatakan telah memastikan bahwa perangkat atau device (mobile phone, tab, dan sejenisnya) yang Anda gunakan kompatibel atau mendukung penggunaan Paket Berlangganan (Google Chrome versi terakhir di Windows, MacOS, Android, atau iOS) yang mana daftar ini akan dimutakhirkan dari waktu ke waktu.
  2. Apabila Anda melakukan pembelian Paket Berlangganan maka Anda akan dikenakan biaya sesuai dengan harga Layanan tersebut yang ditetapkan pada Aplikasi dari waktu ke waktu. Harap diketahui bahwa Kami dapat mengubah, memodifikasi, dan/ atau mengoreksi ketentuan harga Paket Berlangganan melalui Aplikasi sewaktu-waktu, Kami akan memberikan pemberitahuan paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum perubahan harga kepada Pelanggan. 
  3. Kami menerima pembayaran dengan menggunakan beberapa metode, termasuk namun tidak terbatas pada kartu kredit, virtual account dan transfer. Namun demikian, terdapat kemungkinan bahwa untuk suatu waktu tertentu, hanya metode pembayaran tertentu saja yang dapat dipergunakan untuk melakukan pembelian Paket Berlangganan. Metode pembayaran yang tersedia dikelola oleh pihak ketiga yang bekerjasama secara resmi dengan Kami (“Penyedia Jasa Pembayaran”). Untuk itu, dalam hal terdapat kegagalan dalam proses pembayaran yang terjadi karena kesalahan sistem pada Penyedia Jasa Pembayaran, maka Anda melepaskan tanggung jawab Kami dari resiko dan kerugian yang timbul dan mungkin timbul karenanya. Anda dengan ini menyadari bahwa pembayaran yang telah Anda lakukan mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk proses konfirmasi, rekonsiliasi atau sejenisnya dengan Penyedia Jasa Pembayaran, sehingga membuat Anda tidak dapat segera memperoleh layanan dalam Paket Berlangganan. Dalam hal Anda mengalami kendala tersebut, Anda dipersilahkan untuk menghubungi Customer Support Kami.
  4. Pembayaran Paket Berlangganan dilakukan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah Pengguna mendaftar dan memesan Paket Berlangganan melalui Aplikasi. 
  5. Seluruh pembelian yang telah Anda lakukan tidak dapat dibatalkan dan dikembalikan (refund), kecuali secara tegas ditentukan sebaliknya dalam Ketentuan Paket Berlangganan ini. 
  6. Pembayaran hanya dapat dikembalikan dalam beberapa kondisi yaitu, a) dalam hal Pengguna melakukan double payment untuk jangka waktu yang sama, yang mana dapat dianggap sebagai pembayaran jangka waktu berikutnya, namun apabila tidak memungkinkan, dana akan dikembalikan; b) apabila Farmacare tidak lagi memberikan Layanan kepada Pengguna. 
  7. Pengguna mengetahui dan menyetujui dalam hal terjadi pemberhentian berlangganan oleh Pengguna, maka data pribadi dan informasi bisnis Pengguna masih akan tersedia selama 3 (tiga) bulan ke depan pada Akun, Pengguna dapat sewaktu-waktu melanjutkan Layanan kembali dengan memberikan pemberitahuan kepada Customer Support Kami. Dalam hal, Akun dan Layanan tidak dilanjutkan kembali setelah lebih dari waktu 3 (tiga) bulan, maka semua data dan informasi pribadi atau bisnis Pengguna akan dihapus dari sistem Kami.


5. Paket Penerimaan Pesanan di Farmacare

  1. Paket Penerimaan Pesanan di Farmacare (“Paket Order”) merupakan layanan yang disediakan Farmacare, dimana Outlet Anda dapat menerima pesanan barang dari Pengguna lain.
  2. Apabila Anda menerima pesanan barang di Farmacare, maka Anda akan dikenakan biaya per transaksi sesuai dengan harga Layanan tersebut yang ditetapkan pada Aplikasi dari waktu ke waktu. Harap diketahui bahwa Kami dapat mengubah, memodifikasi, dan/ atau mengoreksi ketentuan harga Paket Order melalui Aplikasi sewaktu-waktu, Kami akan memberikan pemberitahuan paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum perubahan harga kepada Pelanggan. 
  3. Kami akan mengirimkan invoice setiap tanggal 10  untuk tagihan bulan sebelumnya melalui e-mail terdaftar Pengguna. Adapun Pengguna diberikan batas waktu pembayaran sampai dengan tanggal 20 di akhir bulan.
  4. Pemenuhan pesanan yang diterima melalui Paket Order harus sesuai dengan standar Service Level Agreement (SLA) di Outlet Pengguna dan/atau yang umum disepakati di industri 


6. Paket Penagihan Pembayaran Faktur di Farmacare

  1. Paket Penagihan Pembayaran Faktur di Farmacare (“Paket Penagihan”) merupakan layanan yang disediakan Farmacare, dimana Outlet Anda dapat melakukan penagihan secara digital terhadap faktur yang telah diterbitkan kepada Pengguna lain.
  2. Apabila Anda melakukan penagihan terhadap faktur di Farmacare, maka Anda akan dikenakan biaya per penagihan atau per pembayaran sesuai dengan harga Layanan tersebut yang ditetapkan pada Aplikasi dari waktu ke waktu. Harap diketahui bahwa Kami dapat mengubah, memodifikasi, dan/ atau mengoreksi ketentuan harga Paket Order melalui Aplikasi sewaktu-waktu, Kami akan memberikan pemberitahuan paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum perubahan harga kepada Pelanggan. 
  3. Kami akan mengirimkan invoice setiap tanggal 10 untuk tagihan bulan sebelumnya melalui e-mail terdaftar Pengguna. Adapun Pengguna diberikan batas waktu pembayaran sampai dengan tanggal 20 di akhir bulan.


7. Pembayaran Faktur Secara Digital di Farmacare

  1. Pembayaran Faktur secara digital di Farmacare (“Pembayaran Digital”) merupakan layanan yang disediakan Farmacare, dimana Outlet Anda dapat melakukan pembayaran melalui kanal-kanal pembayaran digital (bank virtual account, kartu kredit/debit, e-Wallet, paylater, dan lainnya) terhadap faktur yang telah diterbitkan kepada Outlet Anda.
  2. Untuk memfasilitasi Pembayaran Digital ini, Farmacare hanya menggunakan jasa payment gateway (“Penyedia Jasa Pembayaran”) yang berizin dan diawasi oleh Bank Indonesia. Dengan melakukan pembayaran digital melalui Farmacare, secara tidak langsung Anda juga terikat dengan syarat & ketentuan dari Penyedia Jasa Pembayaran, khususnya tapi tidak terbatas pada yang terkait dengan Kebijakan Bank Indonesia tentang Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme. 
  3. Dalam hal terdapat kegagalan dalam proses pembayaran yang terjadi karena kesalahan sistem pada Penyedia Jasa Pembayaran, maka Anda melepaskan tanggung jawab Kami dari resiko dan kerugian yang timbul dan mungkin timbul karenanya. Anda dengan ini menyadari bahwa pembayaran yang telah Anda lakukan mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk proses konfirmasi, rekonsiliasi atau sejenisnya dengan Penyedia Jasa Pembayaran, sehingga membuat pembayaran Anda tidak langsung dapat diterima oleh penerbit faktur. Dalam hal Anda mengalami kendala tersebut, Anda dipersilahkan untuk menghubungi Customer Support Kami.


8. Penjualan Ulang atau Jasa Konsultasi Penggunaan Aplikasi

  1. Akses berlangganan ini hanya diperuntukkan bagi penggunaan internal oleh pemilik apotek atau Pengguna resmi yang telah terdaftar dan tidak boleh digunakan untuk tujuan komersial lainnya.
  2. Pengguna tidak diperkenankan untuk memindahkan dan/atau menjual kembali akses berlangganan akun outlet di Farmacare ini kepada pihak ketiga, baik dalam bentuk penjualan ulang (reselling), pemberian jasa konsultasi (value-added services), atau layanan sejenis lainnya tanpa persetujuan tertulis dari Farmacare. 
  3. Pihak ketiga dalam hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada, individu, perusahaan, atau entitas hukum lainnya yang tidak terdaftar sebagai pemilik apotek di Farmacare.
  4. Pelanggaran terhadap ketentuan ini dapat mengakibatkan pencabutan akses tanpa pemberitahuan sebelumnya, serta tindakan hukum lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


8. Hak Kekayaan Intelektual (HKI)


Segala sesuatu mengenai Aplikasi Farmacare, termasuk pada tulisan, gambar, logo, tombol, konten, fitur, perangkat lunak (software) telah memiliki Izin dan tidak dijual maupun dialihkan. Farmacare memiliki semua hak-hak yang tidak dinyatakan secara tegas kepada Pengguna dalam Perjanjian ini. Layanan-layanan dilindungi oleh paten, hak cipta, merek, rahasia dagang dan rezim lain yang berkaitan dengan hukum-hukum Hak Kekayaan Intelektual sebagaimana sudah ada atau diatur di kemudian hari.


Untuk tujuan Perjanjian ini, “Hak Kekayaan Intelektual” berarti semua hak paten, hak cipta, merek pada berbagai produk, rahasia dagang, dan hak-hak kekayaan intelektual lainnya sebagaimana dapat muncul sekarang atau di kemudian hari dan semua permohonan - permohonan daripadanya dan pendaftaran - pendaftaran, pembaharuan - pembaharuan dan perpanjangan - perpanjangan dari padanya, berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia.


Tidak ada ketentuan di dalam perjanjian ini yang dapat ditafsirkan sebagai pemberian maupun pengalihan hak/lisensi atas Hak Kekayaan Intelektual apapun kepada Anda maupun pihak lainnya, baik sebagian maupun seluruhnya, baik tersirat maupun tersurat, untuk menggunakan, memiliki, menyalin, mereproduksi, mempublikasikan, mengeksploitasi, mendistribusikan, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, membongkar bagian manapun, memodifikasi dan/ atau melakukan hal-hal lainnya yang dapat mengurangi hak-hak yang terkandung dalam Hak Kekayaan Intelektual sebagaimana dimaksud, kecuali dinyatakan lain secara tegas di dalam Syarat dan Ketentuan ini. Anda dengan ini menerima dan menyetujui bahwa mengunduh setiap bagian apapun di dalam Hak Kekayaan Intelektual tidak memberikan Anda hak atas Hak Kekayaan Intelektual tersebut.


Anda setuju untuk tidak menggunakan Hak Kekayaan Intelektual Farmacare tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Kami. Anda mengakui bahwa setiap upaya nyata atau pelanggaran ketentuan yang terkait dengan Hak Kekayaan Intelektual akan mengakibatkan penghentian semua hak Pengguna terkait Layanan Farmacare.


9. Keamanan

 

Kami telah mengimplementasikan langkah-langkah teknis yang dibuat untuk mengamankan informasi pribadi dan bisnis Anda dari kehilangan insidentil dan dari akses, pengunduhan, perubahan, atau pengungkapan yang tidak berwenang. Bagaimanapun juga, kami tidak menjamin bahwa pihak ketiga yang tidak berwenang tidak akan berhasil mengalahkan langkah-langkah tersebut atau menggunakan informasi pribadi dan bisnis untuk tujuan yang tidak sesuai. Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Anda menyediakan informasi Anda dengan risikonya sendiri.


10. Penggunaan yang tidak berwenang atau ilegal


Apabila kami secara beralasan mencurigai bahwa Akun Anda telah digunakan untuk tujuan yang tidak berwenang, ilegal, atau tindak pidana, Anda dengan ini memberikan kami kewenangan untuk membagi informasi tersebut tentang Anda, Akun Anda, dan setiap transaksi Anda dengan penegak hukum.


11. Batasan tanggung jawab

 

  1. Aplikasi Farmacare adalah aplikasi yang bersifat Business to Business, yang menyediakan layanan kepada para Pengguna untuk mengelola operasional dan meningkatkan pelayanan di Aplikasi Farmacare. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antara Pengguna dan Pembeli di Toko/Distributor, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Farmacare secara proporsional adalah hanya sebagai penyedia jasa Aplikasi.
  2. Farmacare selalu berupaya untuk menjaga Layanan Farmacare aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam Aplikasi Farmacare memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.
  3. Kami menyediakan Layanan dalam kondisi "sebagaimana adanya". Anda memahami bahwa Kami tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apa pun bahwa:
  4. Penggunaan Layanan Kami akan selalu tepat waktu, bekerja tanpa gangguan, atau bebas dari perubahan, penambahan, pengurangan, transmisi, kerusakan, kerugian, pengalihan, penyembunyian yang disebabkan oleh tindakan salah satu pihak dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum;
  5. Layanan Kami dapat terus beroperasi dan digunakan bersama dengan perangkat atau sistem pihak lain yang tidak disediakan atau dimiliki oleh Kami; dan / atau
  6. Layanan Kami akan selalu memenuhi ekspektasi Anda.
  7. Anda memahami bahwa Layanan Kami dapat mengalami gangguan atau penundaan karena tidak tersedianya atau gangguan layanan pihak ketiga yang Anda gunakan atau karena gangguan, ketidaktersediaan, atau malfungsi fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan. Anda setuju untuk membebaskan Kami dari semua klaim, tuntutan, atau gugatan hukum sehubungan dengan kegagalan untuk melaksanakan instruksi Anda karena pengiriman informasi Anda yang tidak lengkap atau pembatalan atau perubahan instruksi yang dikirimkan kepada Kami kecuali jika instruksi tersebut tidak dilakukan karena disengaja atau kelalaian Kami.
  8. Anda setuju untuk membebaskan Kami dari segala klaim, tuntutan, atau gugatan hukum atas segala akibat atau kerugian yang timbul sehubungan dengan: (i) tidak terselesaikan atau tertundanya transaksi; dan / atau (ii) setiap gangguan, penundaan, perubahan, atau tidak tersedianya Farmacare atau Layanan Kami (termasuk jika kami tidak dapat melaksanakan atau melanjutkan sebagian atau seluruh instruksi atau komunikasi Anda kepada Kami melalui Situs atau Aplikasi), yang disebabkan oleh peristiwa atau hal-hal di luar kendali Kami, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, perang, kerusuhan, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan, krisis moneter, perubahan, penambahan, pengurangan, transmisi, kerusakan, kerugian, pengalihan, penyembunyian dalam sistem Peralatan kami, atau layanan yang disebabkan oleh tindakan suatu pihak dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum, gangguan atau tidak tersedianya layanan pihak ketiga, termasuk terganggunya jaringan internet, daya, telekomunikasi dan listrik secara terus menerus. dasar, atau hal lain di luar kendali Kami.
  9. Anda setuju bahwa kami tidak bertanggung jawab atas segala akibat atau kerugian yang timbul dari hal-hal sebagaimana disebutkan di atas, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) kehilangan data; (ii) hilangnya pendapatan, keuntungan, atau pendapatan lain; dan / atau (iii) kerugian, kerusakan, atau cedera yang timbul dari penggunaan Layanan Farmacare oleh Anda.
  10. Anda setuju untuk melepaskan Kami dari semua klaim, tuntutan, gugatan hukum, dan kompensasi apa pun dan dari pihak mana pun yang muncul sehubungan dengan:


  1. Penggunaan informasi atau data pribadi oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kekuasaan dan / atau hak yang telah Anda berikan kepada Kami
  2. Pemberian informasi atau data pribadi oleh Anda kepada Kami yang melanggar hukum atau peraturan yang berlaku, melanggar hak (termasuk Hak Kekayaan Intelektual) pihak lain, atau melanggar kontrak, perjanjian, pernyataan, keputusan, atau dokumen di mana Anda sebagai pihak atau terikat di dalamnya;
  3. Penggunaan Layanan Farmacare yang tidak sah, melanggar hukum dan ketentuan hukum yang berlaku, hak (termasuk Hak Kekayaan Intelektual) pihak lain, atau melanggar kontrak, perjanjian, pernyataan, keputusan, atau dokumen apa pun di mana Anda sebagai pihak atau terikat olehnya, atau melanggar Syarat dan Ketentuan ini.
  4. Sengketa, klaim, tindakan, kepailitan, keterlambatan kewajiban hutang, investigasi, kejahatan, atau pelanggaran hukum, kekayaan intelektual atau peraturan lainnya dan ketentuan perundang-undangan yang terjadi, dieksekusi atau melibatkan Pengguna.
  5. Transaksi antara Pengguna dan Pembeli atau Penggunaan Barang k lebih lanjut kepada pihak lain, penggunaan atau pengalihan atau jaminan Barang, keanggotaan, kerahasiaan, penyalahgunaan, penggunaan dan akses ke Aplikasi, layanan, konten, termasuk bagian dan informasi yang tersedia di dalamnya atau terkait dengan akun, kata sandi, privasi, kerahasiaan Pengguna atau Pembeli.


8. Pengguna harus bertanggung jawab, membela dan tidak merugikan untuk memberikan kompensasi kepada Farmacare termasuk pihak yang terkait Farmacare untuk seluruh kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang diderita oleh Farmacare karena atau dalam kaitannya dengan hal-hal di atas dan masalah terkait karena kesalahan, kelalaian atau hal lain dari Pengguna atau Pembeli dan/atau pejabat, direksi, komisaris, karyawan, subkontraktor, pemasok, agen, dan perwakilan dari otoritas.



12. Pembatalan atau pemutusan akun


Apabila Akun Farmacare Anda dihapus, dinon-aktifkan atau ditangguhkan oleh sebab apapun atau tanpa sebab, Anda setuju: (a) untuk tetap terikat oleh Perjanjian ini, (b) untuk dengan segera menghentikan penggunaan Layanan, (c) bahwa Izin yang disediakan berdasarkan Perjanjian ini berakhir, (d) bahwa kami memiliki hak (tetapi tanpa kewajiban) untuk menghapus semua informasi dan data akun yang disimpan dalam server kami, dan (e) bahwa Kami tidak bertanggung jawab dalam bentuk apa pun kepada Anda atau pihak ketiga mana pun sehubungan dengan pemutusan, penghapusan atau penangguhan atas akses Anda ke Aplikasi Farmacare atau untuk penghapusan informasi atau data akun.


1. Hak Anda untuk Memutus

Anda dapat memutus Perjanjian ini dan perjanjian-perjanjian dengan Farmacare lainnya dengan menutup Akun Farmacare pada saat kapan pun.


2. Penangguhan atau Pemutusan oleh Kami

Kami dapat memutuskan Perjanjian ini atau menangguhkan atau menutup Akun Farmacare Anda dengan atau tanpa alasan apa pun juga. Kami dapat dengan segera menangguhkan atau memutuskan Layanan dan akses pada Akun Farmacare apabila Anda (a) melanggar ketentuan-ketentuan dalam Perjanjian ini atau perjanjian lain yang Anda punya dengan Farmacare atau kebijakan-kebijakan Farmacare lainnya, (b) melakukan aktivitas yang dapat membahayakan Farmacare, atau menghadirkan ancaman keamanan pada sistem Farmacare, Layanan Farmacare, atau Pengguna lainnya atau penipuan yang tidak dapat diterima oleh Kami, (c) menyediakan informasi yang salah, tidak lengkap, tidak akurat, menyesatkan atau sebaliknya terlibat dalam tindakan curang dan ilegal, (d) alasan lain yang dianggap dapat merugikan Farmacare.


3. Dampak Pengakhiran

Kami tidak bertanggungjawab untuk memberikan kompensasi atau penggantian kerugian, dalam kaitannya dengan penggunaan Layanan, atau dalam kaitannya dengan pemutusan atau penangguhan Layanan.


13. Hukum yang berlaku


Perjanjian ini akan diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Negara Republik Indonesia. Sengketa yang mungkin timbul dari situs dan/atau perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.


14. Keterpisahan


Apabila ada Syarat atau Ketentuan Perjanjian ini yang karena suatu alasan tidak berlaku, tidak sah atau tidak dapat diberlakukan dalam segala hal, maka ketidakberlakuan, ketidakabsahan atau tidak dapat diberlakukan tersebut tidak berpengaruh pada Syarat atau Ketentuan lain dari Perjanjian ini. Dalam kejadian yang terakhir ini, Perjanjian ini harus diinterpretasikan dan ditafsirkan seakan-akan Syarat atau Ketentuan tersebut, sejauh tidak dapat diberlakukan, tidak pernah terdapat dalam Perjanjian ini. Farmacare berhak mengubah dan / atau mengubah ketentuan yang dibatalkan dengan ketentuan lain sepanjang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.


15. Kontak dan pemberitahuan


Setiap pemberitahuan dari Kami yang ditujukan kepada Anda atau Pengguna akan diumumkan melalui situs dan dikirim melalui surat elektronik (email) atau layanan pesan singkat (SMS) kepada Pengguna yang terdaftar di Akun Farmacare atau Kami.


Setiap pemberitahuan dari Anda atau Pengguna yang ditujukan kepada Kami menjadi efektif ketika pemberitahuan tersebut diterima oleh Kami melalui alamat email halo@farmacare.id dan/atau melalui dokumen fisik yang dikirimkan ke PT Jendela Akses Sehat di alamat Jalan Tukad Balian 163 Denpasar.