Cara Kerja di Apotek untuk Kembalikan Minat Masyarakat Terhadap Obat Sirup

Farmacare CX
Jan 02, 2023

Kabar obat sirup yang sempat ramai karena menyebabkan 323 kasus gangguan ginjal akut di Indonesia, membuat masyarakat hingga kini masih ragu mengonsumsinya. Padahal sudah ada 340 obat sirup yang dinyatakan aman oleh BPOM dan Kemenkes, sehingga boleh dijual serta dikonsumsi kembali. Hanya saja minat masyarakat belum kembali normal. Masih ada rasa was-was bagi para orang tua untuk memberi anak mereka obat sirup. Lalu, bagaimana cara kerja di apotek agar bisa mengembalikan minat masyarakat tersebut? Berikut Farmacare punya pembahasan dengan para ahli di Webinar Simpang Siur Sirup: Cara Mengembalikan Omzet dan Kepercayaan Masyarakat” yang bisa kamu simak melalui YouTube Farmacare di sini, dan ulasan di bawah. Simak, yuk!


Memberi edukasi singkat seputar gangguan ginjal akut

Dr. Helmin Agustina Silalahi selaku Medical Kalbe Consumer Health mengungkap, gangguan ginjal akut ditandai oleh adanya peningkatan konsentrasi kreatinin/azotemia, dan/atau penurunan produksi urin sehingga frekuensi buang air kecil berkurang drastis secara tiba-tiba. Kenapa, sih, hal ini bisa terjadi? 


Ginjal punya tugas menyaring darah dari bahan-bahan tertentu. Terkadang terdapat bahan (racun) berbahaya bagi ginjal yang berpotensi menyebabkan gangguan. Dalam kasus keracunan etilen glikol, bisa ditandai oleh tiga tahapan:

Tahap I

Penurunan fungsi sistem saraf pusat dan gangguan pencernaan (mulas, hilangnya nafsu makan) dalam waktu 30 menit sampai 12 jam setelah etilen glikol tertelan.

Tahap II

Gejala asidosis metabolik seperti mual, muntah, sakit kepala, linglung dalam 12 - 48 jam setelah etilen glikol tertelan.

Tahap III

Gejala gangguan ginjal akut (jarang atau bahkan sama sekali tidak kencing) yang terjadi dalam 1 - 3 hari setelah etilen glikol tertelan.


Masyarakat masih awam dengan informasi di atas. Sehingga cara kerja di apotek yang baik adalah memberi edukasi singkat seputar penyakit tersebut, terlebih bila ada pelanggan yang bertanya. Serta, menyarankan untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter, bila mengalami indikasi gangguan ginjal akut. 


Berpartisipasi dalam pencegahan penyakit berbahaya

Pegawai apotek punya peran penting mengedukasi masyarakat ketika mereka datang ke apotek. Jangan sampai kamu lewatkan kesempatan baik itu untuk mengajak pelanggan menjadi konsumen cerdas dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Membeli dan memperoleh obat hanya dari sarana resmi kefarmasian, seperti toko obat dan apotek, termasuk apotek di puskesmas, klinik kesehatan, atau rumah sakit terdekat. 
  • Usahakan membeli obat secara online hanya di apotek yang telah mendapat izin Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi (PSEF).
  • Mengonsumsi obat sesuai dosis yang dianjurkan dokter atau apoteker. 
  • Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluarsa) sebelum membeli/menggunakan obat.
  • Jangan enggan berkonsultasi dengan dokter/apoteker jika masih tidak yakin tentang penggunaan suatu obat.
  • Hanya menganjurkan obat sirup yang masuk dalam daftar obat aman konsumsi (apoteker harus selalu update).


Mengembangkan soft skill untuk menunjang cara kerja di apotek

Ada beberapa soft skill yang harus dimiliki frontliner/pegawai apotek agar mampu memberi pelayanan maksimal ke pelanggan. Apa saja?


Komunikasi

Orang-orang yang bekerja dalam hal pelayanan (apoteker) harus memiliki karakter sebagai influence yang mengarah pada people oriented. Dimana kamu harus bisa meyakinkan pelanggan menggunakan sudut pandang mereka. Sehingga output yang didapat, pelanggan jadi yakin bahwa obat sirup aman dan ingin mengonsumsinya kembali. 


Grooming

Kata pepatah, jangan melihat orang dari luarnya – sedikit tidak berlaku bagi apoteker yang dituntut berpenampilan rapi dan bersih. Tujuannya adalah untuk meyakinkan pelanggan, sehingga kamu harus lebih dulu tampil meyakinkan. Keterampilan komunikasi yang baik, harus ditunjang dengan penampilan yang sopan dan bersih – agar edukasi yang diberikan dapat dipercaya. Kamu jadi semakin mudah menarik minat pelanggan untuk kembali mengonsumsi obat sirup.


Product Knowledge

Apoteker yang bekerja di apotek jelas punya pengetahuan seputar kefarmasian. Namun, perlu reminder atau pembaharuan informasi yang dimiliki apoteker agar terus berkembang. Belajar sebaiknya tidak berhenti di bangku kuliah saja, tapi saat sudah bekerja pun, usahakan tetap mengembangkan pengetahuanmu. Terutama pengetahuan soal produk-produk obat yang ada saat ini. Tujuannya agar kamu bisa memberi rekomendasi/solusi yang benar-benar sesuai. Terlebih kamu jadi makin mudah meyakinkan pelanggan bila mampu mengakomodir setiap pertanyaan mereka.


Selling Skill

Kemampuan untuk melakukan up selling dan cross selling juga harus dilatih agar memunculkan inisiatif saat menjual produk yang ada di apotek. Misal, pelanggan meminta obat generik, nggak ada salahnya bila kamu menawarkan obat bermerek yang punya fungsi lebih baik. Kemampuan ini sangat dibutuhkan, terutama untuk menumbuhkan kembali minat masyarakat terhadap obat sirup. Kamu bisa mengedukasi ragam beneficial atau kelebihan obat sirup dari obat lainnya. Agar perlahan dapat membujuk pelanggan untuk membeli produk obat sirup yang sudah dinyatakan aman.


Pahami betul role apoteker di apotek

Apoteker dituntut bisa menyediakan layanan kefarmasian dengan penuh perhatian kepada pelanggannya seperti seorang caregiver. Kasus gangguan ginjal akut ini harus ditangani dengan penuh empati, agar tingkat kepedulian apoteker terhadap kesehatan masyarakat makin tinggi. Lalu, berkat ilmu yang dimilikinya, apoteker harus mampu mengambil keputusan yang tepat (sesuai kondisi pelanggan) dengan orientasi mewujudkan masyarakat sehat, serta mampu mengevaluasi setiap keputusan yang telah diambil. 


Di atas juga sudah disebutkan bahwa praktisi apoteker sebaiknya tak berhenti belajar. Kamu perlu terus mengembangkan pengetahuan dan kemampuan (
life-long-learner) agar dapat memberikan layanan kefarmasian sesuai perkembangan dunia kesehatan. Selain itu, apoteker sebaiknya dapat memberi edukasi (menyalurkan ilmu yang dimilikinya) tentang kesehatan/produk obat kepada masyarakat melalui penyuluhan, serta praktik apoteker di apotek. Terutama untuk mengedukasi penggunaan obat sirup yang sudah tergolong aman. Dalam setiap pengambilan keputusan serta tahapan edukasi, apoteker harus melakukannya dengan percaya diri agar mampu meyakinkan masyarakat, serta mengembalikan minat mereka ke obat sirup.


Agar pegawai apotek bisa fokus memberi pelayanan terbaik dan maksimal mengedukasi masyarakat, tugas operasional lain bisa dipermudah dengan memanfaatkan software apotek seperti
Farmacare. Apa yang bisa Farmacare lakukan? Yuk, daftar Uji Coba Gratis sekarang untuk cari tahu manfaatnya!   


Permodalan Obat di Apotek
04 Dec, 2023
Pengadaan obat di apotek membutuhkan modal yang tidak sedikit. Farmacare punya solusi untuk tantangan tersebut. Temukan di sini!
Pengadaan Obat di Apotek
oleh ditulis oleh Gina Dwi 30 Nov, 2023
Tingkat efektivitas pengadaan obat di apotek bisa diukur menggunakan beberapa tolak ukur yang bisa kamu temukan di sini! Simak, yuk!
Mitos atau Fakta Penggunaan Obat
oleh Farmacare CX 27 Nov, 2023
Selamat Hari Kesehatan Nasional. Yuk, maksimalkan edukasi ke masyarakat dengan meluruskan mitos atau fakta penggunaan obat berikut!
Pengadaan Barang di Apotek
oleh ditulis oleh Gina Dwi 23 Nov, 2023
Bagaimana kamu tahu kalau pengadaan barang di apotek sukses? Berikut tolak ukur yang bisa diperhatikan. Simak, yuk!
Pengadaan Barang di Apotek
oleh ditulis oleh Gina Dwi 20 Nov, 2023
Bagaimana kamu tahu kalau pengadaan barang di apotek sukses? Berikut tolak ukur yang bisa diperhatikan. Simak, yuk!
Bisnis Apotek
oleh ditulis oleh Gina Dwi 16 Nov, 2023
Overstock, understock, dan deadstock sebaiknya bisa diminimalisir agar bisnis apotek tetap sehat. Yuk, cari tau tentang jenis status stok tersebut di sini!
Golongan Obat
13 Nov, 2023
Penanganan golongan obat keras harus diperhatikan agar kualitasnya terjamin dan tak berpotensi disalahgunakan. Yuk, simak tips-nya di sini!
Obat Kedaluwarsa di Apotek
31 Oct, 2023
Obat kedaluwarsa di apotek wajib dihindari karena sangat berbahaya bila sampai ke tangan konsumen. Apa bahayanya dan gimana tips pencegahannya? Simak di sini!
Harga Jual Obat
27 Oct, 2023
Ada beberapa unsur yang mempengaruhi harga jual obat di apotek. Kira-kira apa saja? Yuk, cari tahu di sini beserta cara menghitungnya!
Postingan Lainnya
Share by: