Penetrasi penggunaan internet di Indonesia sudah sangat tinggi, yaitu mencapai 77,02%. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebut sebanyak
210.026.769 juta penduduk Indonesia sudah menggunakan internet selama periode 2021 - 2022. Sayang jika pemilik bisnis, termasuk bisnis apotek tidak memanfaatkan peluang ini untuk memperkenalkan usahanya.
Kegiatan pemasaran dan pengenalan bisnis ke konsumen dengan memanfaatkan internet (melalui platform digital) yang kemudian disebut digital marketing. Lewat digital marketing, kamu bisa menjangkau target market yang lebih luas, melakukan kegiatan pemasaran dengan
budget
lebih rendah, dan proses
branding
pun jadi lebih cepat. Dengan menjalankan digital marketing, ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan.
Penetrasi penggunaan internet di Indonesia sudah sangat tinggi, yaitu mencapai 77,02%. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebut sebanyak
210.026.769 juta penduduk Indonesia sudah menggunakan internet selama periode 2021 - 2022. Sayang jika pemilik bisnis, termasuk bisnis apotek tidak memanfaatkan peluang ini untuk memperkenalkan usahanya.
Kegiatan pemasaran dan pengenalan bisnis ke konsumen dengan memanfaatkan internet (melalui platform digital) yang kemudian disebut digital marketing. Lewat digital marketing, kamu bisa menjangkau target market yang lebih luas, melakukan kegiatan pemasaran dengan
budget
lebih rendah, dan proses
branding
pun jadi lebih cepat. Dengan menjalankan digital marketing, ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan.
Manfaat digital marketing bagi bisnis apotek
Memasuki era digital, membuat kamu juga harus beradaptasi dengan tren terkini agar bisnis dapat bertahan dan tidak kalah saing. Berikut manfaat digital marketing bagi bisnis apotek:
- Memudahkan bisnis apotek untuk
go online
Saat apotek ingin mulai membuka layanan jual-beli
online, digital marketing memudahkan kamu untuk mempromosikan layanan tersebut. Dengan layanan
online, pelanggan bisa dengan mudah mendapat obat-obatan dari apotekmu, sekaligus mempermudah pelanggan memperoleh informasi seputar produk obat dan cara penggunaan yang baik. Saat apotekmu sudah
go online, pelanggan bisa memperoleh obat yang mereka butuhkan dengan mudah – tanpa harus datang langsung ke apotek. - Membuat apotek punya
digital presence
Digital presence atau kehadiran digital adalah saat di mana suatu bisnis dapat muncul secara
online
melalui konten di situs web, mesin telusur, media massa, dan platform media sosial. Saat memiliki
digital presence, apotekmu akan muncul ketika konsumen menggunakan kata kunci tertentu di mesin pencari. Agar memperoleh
digital presence yang maksimal, strategi digital marketing harus bisa menyajikan konten yang tepat/sesuai target market. - Membantu apotek mudah ditemukan konsumen
Nah, ketika apotekmu sudah memiliki
digital presence yang maksimal, konsumen jadi lebih mudah menemukannya. Dengan informasi yang tepat dan sesuai, akan menarik konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis apotekmu, bahkan dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Sehingga makin banyak konsumen yang mengetahui bisnismu, dan berdampak pada pertumbuhan omzet.
Setelah mengetahui manfaat digital marketing bagi bisnis apotek, lalu bagaimana strategi digital marketing yang bisa diterapkan? Simak pembahasan Farmacare bersama apt. Hendra Agustian, S.Farm. (Founder @apotekeruniverse) tentang “Content Marketing dalam Bisnis Apotek, Seberapa Pentingkah?” yang bisa kamu akses
di sini, dan ringkasannya berikut!
Strategi digital marketing agar bisnis apotek berkembang
Kira-kira apa saja strategi digital marketing yang bisa kamu lakukan untuk membuat bisnis apotek makin berkembang? Berikut ulasannya!
- Gunakan
multichannel digital marketing
Saat menjalankan digital marketing, ada banyak saluran/platform yang bisa dimanfaatkan, seperti media sosial (Instagram, TikTok, YouTube), situs web,
paid ads, dan
WhatsApp Business. Sebaiknya kamu coba memanfaatkan semua saluran tersebut, dan mencari tahu mana saluran yang paling efektif diterapkan untuk target market bisnis apotekmu. Ketika kamu sudah menemukannya, kamu tinggal fokus memaksimalkan penggunaannya dengan menyajikan konten pemasaran yang menarik perhatian target market.
Kamu juga bisa mengintegrasikan satu saluran dengan saluran lain dalam tujuan pemasaran. Misal, ketika kamu memanfaatkan media sosial seperti Instagram, pastikan kamu juga menginput informasi situs web dan nomor
WhatsApp
bisnis apotekmu di profil akun Instagram. Sehingga ketika konsumen tertarik akan suatu produk, namun informasinya di Instagram masih kurang, konsumen bisa me-reach out lebih jauh melalui situs/nomor WA tersebut.
Apakah penggunaan banyak saluran tidak merepotkan? Ya, kamu bisa menggunakan konten pemasaran yang saling berkaitan, hanya saja dibuat dengan format yang berbeda. Misal, konten berbentuk gambar untuk Instagram dan konten video untuk TikTok. Atau, kamu bisa membaginya per produk. Misal, untuk produk obat merek yang harganya lebih mahal bisa dipromosikan lewat Instagram, sedangkan obat generik bisa lewat TikTok.
- Maksimalkan
content marketing
Ketika kamu menjalankan digital marketing, ada banyak jenis konten yang bisa dibuat, seperti
memes, tutorial,
breaking news,
giveaways, live streaming video, sampai
podcast. Konten yang dapat menarik perhatian target market adalah yang paling efektif. Untuk mengetahui keefektifan sebuah konten, kamu perlu mengeksplorasi ide sebanyak mungkin dan mencoba berbagai jenis konten. Ide konten bisa diperoleh dari
Google Trends, berita terkini yang berhubungan dengan dunia farmasi, atau mendompleng sesuatu yang sedang viral.
Tapi sebelum membuat konten, kamu harus tahu dulu produk obat apa saja yang sekiranya mudah dijual menggunakan konten. Kamu bisa mengikuti tren produk obat yang sedang naik daun dan banyak dicari konsumen. Sehingga kontenmu lebih mudah menarik target market dan membuat mereka mau coba membelinya di apotekmu.
Untuk mulai membuat konten pemasaran, tidak perlu keahlian yang
expert. Cukup dengan mampu mengoperasikan platform
editing
pemula seperti
Canva atau
CapCut untuk membuat video. Kemampuan
copywriting
juga bisa diasah seiring kamu sering membuat konten. Jadi yang terpenting, mau memulai dulu.
Untuk konten berupa video, usahakan di delapan detik pertama buat semenarik mungkin agar penonton berhenti
scrolling. Sedangkan, konten dengan tipe horizontal bersambung (carousel), fokus buat
copywriting yang menghibur/edukatif/menimbulkan rasa penasaran, agar target konsumen mau melakukan
swipe
hingga akhir. Sehingga pesan yang ingin disampaikan lewat konten, benar-benar berhasil tersampaikan.
- Manfaatkan
google my business
Google my business adalah cara termudah bagi konsumen untuk menemukan apotekmu. Saat ini,
Google
menjadi mesin pencari yang paling banyak diakses penduduk Indonesia. Sehingga,
Google my business berguna untuk meningkatkan visibilitas bisnis apotek karena dapat muncul di mesin pencari
Google. Terutama untuk bisnis yang memiliki toko fisik (offline store), disarankan membuat profil
Google my business untuk meningkatkan SEO lokal. Kenapa? Ya, hasil pencarian untuk bisnis lokal lebih mungkin muncul saat orang menelusuri bisnis apotek terdekat menggunakan
Google Maps mereka.
Cara membuat
Google my business juga mudah. Kamu tinggal daftar untuk membuat akun melalui
www.google.com/business/ atau mengunduh aplikasi
Google my business di perangkat seluler. Kemudian, masukkan informasi bisnis dengan lengkap. Jangan lupa masukkan juga nomor
WhatsApp Business apotekmu, untuk memudahkan konsumen berkomunikasi langsung dengan kamu. Terakhir, kamu tinggal melakukan verifikasi akun melalui email.
Pastikan kamu selalu meng-update informasi di
Google my business bila ada perubahan nomor
WhatsApp Business, jadwal buka/tutup, ataupun perubahan informasi lainnya. Jangan lupa untuk meminta konsumen yang datang ke apotek untuk meninggalkan
review.
Jika perlu tawarkan diskon khusus bagi mereka yang bersedia meninggalkan
review
di profil
Google my business.
- Jangan tinggalkan
whatsapp business
Untuk nomor
WhatsApp Business,
semakin banyak orang tahu akan semakin baik. Kamu bisa memajangnya di apotek, taruh di semua saluran media sosial, dan profil
Google my business. Kamu juga bisa menyimpan nomor konsumen yang pernah menghubungi sebelumnya, agar konten promosi yang kamu taruh di status dapat mereka lihat.
Selain itu, di
WhatsApp Business
kamu juga bisa menginput katalog produk obat yang memudahkan konsumen memilih produk yang mereka butuhkan. Ketika mereka tertarik untuk membeli, di
WhatsApp Business
juga tersedia fitur keranjang yang bisa digunakan konsumen untuk membeli produk, yang akan otomatis tersambung ke ruang obrolan. Lalu, kamu harus menyediakan layanan pengiriman agar konsumen bisa segera menerima barang yang dipesannya.
Itu tadi penjabaran seputar manfaat digital marketing dan strategi yang bisa diterapkan oleh bisnis apotekmu. Yuk, bisa yuk, buat bisnis apotekmu makin berkembang. Semangat!